Kamis, 06 April 2017

Top 7 Tempat Wisata Iconic Khas Pulau Derawan

Hi Travellers! Tahukah Kalian, Pulau Derawan akhir – akhir in mendadak hits lewat instagram? Apa sih keistimewaan pulau Derawan?

Pesona Wisata Pulau Derawan Yang Memukau Hati

Pulau Derawan terletak di Kalimantan Utara. Dari Jakarta Kalian bisa mengambil penerbangan ke Tarakan atau Berau. Ada penerbangan yang langsung dari Jakarta ke Tarakan sedangkan ada juga yang transit di Balikpapan. Jika penerbangan yang Kalian pilih adalah menuju Tarakan maka perjalanan menuju Pulau Derawan adalah dengan menggunakan jalur laut. Jika penerbangan yang Kalian pilih adalah melalui Berau maka perjalanan menuju Pulau Derawan adalah menggunakan jalur darat. Baik jalur darat maupun jalur laut, keduanya memakan waktu kurang lebih 2 – 3 jam perjalanan. Mana yang terdengar lebih menyenangkan?

#1 Gua Haji Mangku


Gua haji mangku ini terletak di pulau Maratua. Banyak juga yang menyebut gua haji mangku ini tempat uji nyali. Disini, Kalian bisa mencoba lmpat dari ketinggian 4 meter ke dalam kolam sedalam 15 meter. Kalau Kalian loncat dengan posisi yang salah bisa gawat banget. Untuk bisa lompat, Kalian harus dipandu guide lokal karena ada beberapa tempat yang berbahaya karena dekat dengan karang.
Credit Image to www.pinterest.com

Tempat wisata ini merupakan kolam alami dibawah tanah didalam gua yang aliran airnya mengalir ke laut. Dari dulu tempat ini sudah ada, namun ternyata lebih terkenal di kalangan wisatawan dibanding orang lokal nya.

#2 Hidden Lagoon

Sesuai namanya, Hidden Lagoon, pintu masuk ke laguna ini sulit dicari. Pintu masuknya berupa Goa yang hanya muncul saat air laut surut dan tenggelam kembali saat air laut pasang. Goa ini bentuknya pipih, lebar sekitar 5 meter dengan tinggi hanya 1 meter, sehingga untuk bisa masuk, Kalian harus menunduk. Di lantai Goa terdapat aliran air yang arahnya tergantung arah pasang/surut. Kedalaman goa ini sendiri pendek, mungkin hanya 15 meter.
Credit Image to www.pinterest.com

Kalian tidak perlu khawatir menemukan jalan keluar saat air laut sudah mulai pasang, karena penduduk lokal sudah membuat akses tangga melewati dinding karang diatas goa tersebut. Disini, Kalian bisa menemukan anemon lengkap dengan clown fish, kima, christmas tree worm dan banyak juga ikan – ikan kecil yang terjebak di karang.

#3 Danau Ubur – Ubur

Danau ubur – ubur ini terletak di danau Kakaban. Berenang bersama ubur – ubur selalu terdengar ekstrem dan serem banget! Siapa yang enggak takut tersengat ubur – ubur? Pulau Derawan memiliki 4 jenis ubur – ubur tanpa sengat.
Credit Image to www.holidaysa.ga

Keempat spesies itu adalah ubur-ubur bulan Aurelia aurita, ubur ubur totol Mastigias cf papua, ubur-ubur kotak Tripedalia cystophora, dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornata. Ubur-ubur totol dan ubur-ubur terbalik paling banyak ditemui. 4 jenis ubur – ubur ini merupakan golden jellyfish alias ubur – ubur tanpa sengat. Jadi berenang bersama ubur – ubur disini dijamin aman.

#4 Pulau Sangalaki

Di pulau Sangalaki ini Kalian bisa menemukan ikan manta yang berkelompok. Mereka suka berada di kepulauan ini untuk mencari berbagai macam jenis plankton. Pulau Sangalaki ini tidaklah terlalu besar, hanya seluas 15 hektar.
Credit Image to @leohariyanto

Selain itu, pulau Sangalaki terkenal dengan habitat penyu. Bahkan penyu disini terancam punah, diantaranya adalah penyu sisik dan penyu hijau. Jika Kalian ingin melihat penyu bertelur, bangunlah pada malam hari, biasanya ada beberapa penyu yang sedang melahirkan. Jumlah penyu tersebut akan bertambah saat kondisi air laut sedang pasang.

#5 Talisayan

Perjalanan dari pulau Derawan ke Talisayan ini memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan lewat jalur laut. Jadi kalau Kalian mau mengunjungi Talisayan, mending berangkat pagi deh, sekitar jam 4 pagi. Begitu sampai di Talisayan, Kalian bisa menemukan beberapa hiu paus atau yang dikenal dengan whale shark.
Credit Image to @andhikabayu88

Kalau mereka datang ke permukaan dan menyapa Kalian, jangan buru – buru loncat dan kabur dulu. Hiu paus ini jinak dan hanya makan plankton. Walaupun keliatan seram dan galak, tapi hiu paus tidak memakan manusia. Uniknya lagi, Kalian enggak perlu harus diving untuk bisa berenang bersama hiu paus, karena mereka hanya berenang di permukaan.

#6 Labuan Cermin

Danau labuan cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di kecamatan biduk – biduk, Kalimantan Timur. Selain nama Danau Labuan Cermin, danau ini dikenal dengan Danau dua rasa. Di sebut danau dua rasa karena kandungan air yang didalamnya. Air laut dan air tawar seakan hidup rukun berdampingan bagaikan dipisahkan oleh kaca yang tidak terlihat kasat mata.
Credit Image to www.kadekarini.com

Di danau ini, Kalian juga bisa berenang dan menikmati berendam di air yang dingin. Keindahan danau ini wajib banget Kalian abadikan di album instagram supaya lebih kekinian.

#7 Pulau Gusung

Pulau Gusung merupakan pulau pasir yang ada di Pulau Derawan. Pulau ini bisa Kalian temukan saat air laut sedang surut. Pulau ini berupa tumpukan pasir yang tidak terlalu luas dengan air sebening kristal yang selalu indah untuk menjadi spot foto.
Credit Image to @uti243

Karena sifatnya dadakan, alias hanya dapat ditemukan saat air laut sedang surut maka jangan berharap Kalian bisa santai dibawah pohon. Kalian tidak akan menjumpai pohon disini, jadi jangan heran kalau abis bersantai disini kulit kalian jadi gosong. Mungkin itulah alasan kenapa dinamakan pulau gusung. Mungkin?

Pulau Derawan menyimpan banyak potensi alam yang masih jarang disentuh orang. Perjalanannya memakan waktu cukup lama dan butuh kesabaran. Semua perjuangan Kalian akan terbayar lunas ketika Kalian menginjakan kaki di pulau Derawan. Setiap pagi, saat keluar dari Resort, Kalian pasti akan menemukan penyu yang sedang berenang bebas. Seru banget kan? Liburan kalian bener – bener liburan yang menyenangkan!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bosen Nge-Mall Mulu? Top 8 Wisata Purwakarta Ini Bisa Jadi Ide Buat Menghabiskan Weekend

Hi Travellers! Weekend bosen ga kalau nge-mall mulu? 8 wisata Purwakarta ini bisa jadi ide cemerlang buat menghabiskan weekend Kalian! Wi...