Jumat, 07 April 2017

Bosen Nge-Mall Mulu? Top 8 Wisata Purwakarta Ini Bisa Jadi Ide Buat Menghabiskan Weekend

Hi Travellers! Weekend bosen ga kalau nge-mall mulu? 8 wisata Purwakarta ini bisa jadi ide cemerlang buat menghabiskan weekend Kalian!

Wisata Purwakarta, Solusi Weekend Cemerlang!

Bosen banget tiap malem minggu ngafe, nge-mall ajah. Ada ga ya yang lainnya? Weekend pengen gitu sesekali yang beda, biar senin besok otak bisa lebih fresh, lebih kreatif gitu. Apakah pembaca ada juga yang pernah merasakan hal yang sama? Top 8 wisata Purwakarta ini ternyata bisa jadi jawabannya! Wisata Purwakarta yang beragam dan beda dari kota lainnya bikin seneng banget buat di jelajahi! Buat yang suka tantangan, suka belanja, suka kuliner, semuanya ada deh di Purwakarta!

#1 Waduk Jatiluhur


Waduk ini dibangun pada tahun 1957 dan baru berhasil diselesaikan dalam waktu 10 tahun oleh kontraktor asal Perancis. Waduk ini merupakan waduk multifungsi pertama di Indonesia. Waduk ini berfungsi sebagai PLTA, Sumber irigasi untuk sawah dan sekarang menjadi salah satu wisata Purwakarta yang banyak di datangi oleh para wisatawan.
Credit Image to @ade_martha_dedex

Tahukah Kamu di waduk Jatiluhur ini, Terdapat banyak jenis ikan yang bisa Kalian tangkap dengan keramba jaring apung yang dibudidayakan di kawasan ini. Kalian bisa mencoba memancing saat siang ataupun malam hari. Saat malam hari, Kalian akan menemukan banyak pemancing lainnya. Kalian suka memancing sendirian atau ramean?

#2 Sentra Keramik Plered

Nama kecamatan Plered memang sudah terkenal dengan sentra pembuatan keramik. Kalian yang hobi mengoleksi atau mungkin sedang ingin menghias rumah, tidak ada salahnya menghabiskan weekend Kalian di tempat ini! 
Credit Image to www.info-purwakarta.blogspot.co.id

Karya seni keramik dan Tembikar ini memang merupakan nafas kehidupan warga lokal di Plered. Harga kerajinan tangan ini juga beragam, mulai dari IDR 15.000 hingga ratusan ribu. Menarik bukan?

#3 Giri Tirta Kahuripan

Ini dia nih kolam renang paling instagramable di pulau Jawa! Kalian pasti sering kan lihat penampakannya di instagram? Giri Tirta Kahuripan ini terkenal dengan kolam renang di atas langit. Dari ketinggian 500 meter diatas permukaan laut, Kalian bisa bersantai di bangku – bangku resort sambil menikmati minuman hangat.
Credit Image to www.youtube.com

Disini, Kalian juga bisa menginap dengan kisaran harga 450 ribu hingga 3 juta rupiah sesuai dengan fasilitas kamar yang diberikan. Waktu terbaik untuk menikmati wisata Purwakarta yang satu ini adalah pada bulan maret dan april. Pada bulan – bulan tersebut manggis asli Purwakarta sedang musim panen. Nikmatnya menikmati manggis ala Purwakarta sambil menikmati kolam renang super besar ala Purwakarta.

#4 Goa Jepang dan Belanda

Goa ini merupakan tempat wisata Purwakarta peninggalan sejarah. Goa jepang dan Belanda in merupakan saksi bisu sejarah Indonesia akibat kekejaman masa penjajahan Jepang. Goa ini terletak di desa Pusakamulya Kiarapedes dan memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

 Credit Image to www.majalahteras.com
Gua ini dibangun pada tahun 1942 oleh rakyat pribumi secara paksa untuk dipakai sebagai tempat persembunyian. Selain itu, goa ini berfungsi untuk tempat penyimpanan mesiu, senjata dan sekaligus tempat radio komunikasi tentara Jepang.

#5 Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman air mancur sari baduga terletak di kawasan wisata situ buleud, Purwakarta. Taman seluas 2 hektar itu memiliki aqua screen yang biasa digunakan untuk menampilkan animasi pada layar dan dan terbuat dari semburan air yang besar. Air mancur tersebut bergoyang sesuai dengan irama musik.
Credit Image to www.purwakartakab.go.id

Sempat ditutup, pada tanggal 18 februari 2017, air mancur sri baduga telah resmi dibuka. Perbaikan taman tersebut adalah kini sudah di letakan 5000 kursi pengunjung yang bisa menikmati air mancur yang berjoget sesuai irama. Pertunjukan air mancur ini berdurasi 45 menit setiap hari sabtu pukul 19.30 dan 20.30. Pas sehabis makan malam Kalian selesai, kan?

#6 Stasiun Purwakarta

Stasiun yang satu ini bukan stasiun biasa, bahkan orang lokal menyebutnya kuburan kereta api. Gerbong – gerbong kereta api yang sudah usang di tumpuk dengan rapi sehingga terlihat cantik dan instagramable banget.
Credit Image to @heyrizki53

Ada kabar, bahwa tahun 2017 ini, gerbong – gerbong usang ini akan dijadikan wisata kuliner. Jika hal ini bener – bener di realisasikan, maka stasiun ini akan jadi daya tarik tambahan untuk wisata Purwakarta. Tapi, namanya juga stasiun, untuk bisa berfoto disini, Kalian harus punya tiket kereta api. Berminat balik ke Jakarta naik kereta api dari Purwakarta?

#7 Gunung Parang

Gunung Parang terletak di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kabupaten Purwakarta. Gunung parang dikenal sebagai gunung batu andesit tertinggi di Indonesia. Gunung Parang juga merupakan tebing batu andesit tertinggi kedua di Asia. 
Credit Image to @gamanesia

Untuk ukuran tebing yang curam, sebenarnya gunung ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1000 mdpl, namun bebatuan yang curam ini membuat pendakian Kalian terasa berat dan ekstrem. Asal tahu saja, pendakian tebing dengan menggunakan tangga besi, hanya ada di Gunung Parang lho!

#8 Wisata Kuliner Sate Maranggi

Sate maranggi merupakan salah satu icon dari wisata Purwakarta. Makanan khas Purwakarta ini ternyata tidak hanya digemari oleh warga lokal saja, tetapi wisatawan luar kota juga. Salah satu rumah makan sate maranggi yang paling terkenal adalah rumah makan sate maranggi Hajah Yetty.
Credit Image to www.travelovely.blogspot.co.id

Mungkin bisa dibilang, rumah makan ini adalah rumah makan sate maranggi terkaya di dunia. Omsetnya mencapai miliaran perbulan, kebayang kan betapa kaya hajah Yetty hanya dengan berjualan sate maranggi? Bahan utama sate maranggi ini adalah daging sapi, daging kambing dan daging ayam. Cobain deh makan disini, dijamin pengalaman seru nan unik buat Kalian yang pertama kali kesini!

Kota kecil ini ternyata menyimpan banyak potensi alam serta destinasi buatan yang seru untuk dieksplorasi. Buat Kalian warga Jakarta atau Bandung yang bosen jalan – jalan ke mall, mungkin bisa sesekali mengunjungi 8 wisata Purwakarta ini. Pengalaman baru bersama teman – teman seru kan pasti?






1 komentar:

Bosen Nge-Mall Mulu? Top 8 Wisata Purwakarta Ini Bisa Jadi Ide Buat Menghabiskan Weekend

Hi Travellers! Weekend bosen ga kalau nge-mall mulu? 8 wisata Purwakarta ini bisa jadi ide cemerlang buat menghabiskan weekend Kalian! Wi...